Selasa, 04 Maret 2014

[Travelling] Part 1 Semarang - Ambarawa - Dieng - Solo Trip

,
25 - 30 Januari 2014 kemarin gw dan seorang temen SMA gw menghabiskan jalan-jalan di Jawa Tengah & Yogya. Sempet khawatir juga karena musim hujan dan stasiun Semarang Tawang yang banjir dan katanya bikin keberangkatan delay berjam-jam. Tapi akhirnya kita tetep berangkat hari Sabtu tanggal 25 Januari pukul 21.30 dan alhamdulillah kereta sampai tepat waktu gak pake delay hehe. Dari Jakarta ke Semarang kita naik Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya yang estimasi tiba di Semarang nya pukul 3.30 pagi.
Sampai di Semarang, karena kondisi Stasiun Tawang yang masih banjir, kita diturunkan di stasiun Semarang Poncol. Sambil menunggu matahari keliatan kita mengisi waktu dengan ke toilet, cuci muka dan sholat Subuh.
Stasiun Semarang Poncol

Pukul setengah 6 pagi kami keluar stasiun untuk menuju Banyumanik. Pertamanya kita naik becak dulu dari stasiun Poncol sampai perempatan PLN, dari PLN itu masih nyebrang lagi sih, mending kasih tau tukang becaknya kalau kita mau ke Banyumanik, nanti dia akan menurunkan kita di tempat bus nya lewat. Setelah menunggu sekitar 5 menit, bus jurusan Banyumanik nya pun tiba, jenis bus nya adalah seperti kopaja dengan ongkos bus ke Banyumanik nya Rp 5,000 per orang. Sekitar 15-20 menit akhirnya kita sampai di Banyumanik dan mencari bus yang lewat ke Ambarawa. Akhirnya kami naik bus jurusan Yogyakarta setelah memastikan ke keneknya bahwa bus itu akan lewat di kota Ambarawa. Secara kita newbie (hehe), kita wanti2 sopirnya untuk diturunkan di pertigaan Palagan Ambarawa. Ongkos buat sampai ke Ambarawa cukup Rp 7,500 per orang, masih lebih murah daripada bus jurusan Jakarta - Depok hehehe.

Sekitar pukul 8.30 akhirnya kita sampai di Palagan Ambarawa, tadinya sih kita mikirnya dari Palagan Ambarawa ke Museum Kereta Api musti naik angkot tapi setelah tanya sama bapak-bapak warung indomie ternyata bisa jalan kaki, yeyyy! Lumayan irit + sehat sambil bisa lebih nikmatin suasana kota. Dan ternyata suasana kota Ambarawa Minggu pagi itu sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii banget, bisa deh guling-guling di jalanan hahaha, asli motor yang lewat aja dikit, udaranya juga sejuk, huah refreshing banget biasa liat asep kenalpot di Jakarta.
 Ambarawa Pagi Hari

Pas lagi jalan kaki tiba-tiba tercium bau makanan semerbak gitu, secara gw belum sarapan (sebenernya udah makan roti sih, cuma kayanya blom afdol gitu), terus deh gw cengar-cengir minta temen gw mampir dulu ke warung makan yang tempatnya di teras rumah deket trotoar gitu deh. Suami-istri penjual makanannya baik dan ramah banget, pas kita tanya tentang Museum Kereta Api, suaminya bilang kalo anaknya yang kuliah di UGM waktu itu mau arrange acara kampus kesana, tapi ternyata museum lagi ditutup buat renovasi, tapi gak tau sekarang masih renovasi atau gak. Kita pun tetep coba gambling kesana, dan ternyata bener aja sodara-sodara, pas sampe sana tulisan di papan menjelaskan kalo museumnya tutup untuk renovasi (gak tau sampe kapan). Sebenernya manjat bisa banget sih klo mau nekad foto2 aja di dalem gyahahahaha secara pagarnya pendek banget dan ga keliatan petugas, cuma rasanya gimana gitu. Bukan cuma kita berdua aja yang kecele, karena ada rombongan motor dan 2 mobil yang juga dateng dan harus gigit jari dan balik pulang. Nih yang bikin gregetan adalah sama sekali ga nampak aktivitas renovasi di dalem! Asli lah sebenernya ga ada salahnya buat dibuka gituuuuu. Entah sampai kapan itu museum dibiarin nganggur gak jelas kaya gitu.

Setelah menerima kenyataan ga bisa masuk museum, kita pun langsung cabut ke Rawa Pening. Setelah tanya sana-sini ternyata buat mencapai kesana naik aja minibus jurusan Salatiga. Akhirnya kita nemu minibus warna biru deket rel kereta, dan minta diturunkan di Bukit Cinta. FYI pilihannya ada 2 nih mau turun di Bukit Cinta apa Kampung Rawa, terus kata temen gw sih dapet info dari temennya kalo mendingan ke Bukit Cinta, jadi gw nurut aja deh walaupun nama tempatnya rada geli gitu hahaha. Untuk mencapai Rawa Pening cukup bayar angkot Rp 3,000 aja per orang, langsung diturunin persis di depan Bukit Cinta. Setelah sekitar 15 menit akhirnya sampai deh di Bukit Cinta, kita pun mencari loket masuk dan disitu kita bayar ongkos masuk + penitipan tas Rp 7,500 per orang. Penitipan tas ini ga wajib sih, cuma karena kita males aja bawa ransel ke dalem hehe.

Masuk ke dalem kita langsung sibuk cari spot hunting foto, dan bener aja kata informasi yang gw dapet dari internet, rawa pening itu bagus dan fotogenik bangeeeeet! Eceng gondok yang bertebaran di rawa itu malah bikin hasil fotonya makin keliatan bagus lho, perpaduan warna ijo biru gitu, apalagi pas kapal lagi lewat itu bagus banget difoto. Pokoknya ga bosen-bosen deh hunting foto di sini. Bukit Cinta nya sendiri sih sebenernya ga ada apa nya, cuma mainan anak-anak dan pas hari itu dipake buat camping sama anak SMP. Di sana juga tersedia kapal untuk keliling rawa dengan membayar Rp 40,000 per kapal. Nah ini asli wajib banget dicoba kalo kesini, bener-bener worth it banget!!! Lumayan jauh lho muter-muternya, pemandangannya bagus bangettt, karena kita bisa lebih deket ngeliat jajaran pegunungan yang mengelilingi rawa, lebih banyak lagi yang bisa dieksplor buat difoto, hehe. Jadi bisa dibilang highlight tempat ini wisata keliling rawanya sih.


Beautiful Rawa Pening

Setelah 2 jam disini kita pun balik ke pertigaan Palagan Ambarawa naik minibus dari seberang Bukit Cinta. Sampai di pertigaan, kita pun memutuskan berkunjung ke Monumen Palagan Ambarawa sebagai kompensasi gagal ke Museum Kereta Api, hehehe. Untuk masuk ke sini kita membayar Rp 5,000 per orang. Menurut website asosiasi museum Indonesia, tempat ini didirikan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Ambarawa melawan sekutu. Di mana pada peristiwa yang heroik tersebut gugur Let.Kol Isdiman yang diberondong oleh sekutu pada saat timbang terima jabatan di SD Tempuran (Jambu) tak jauh dari kota Ambarawa. Jalannya pertempuran dipimpin langsung oleh Kol. Sudirman dengan siasat Supit Urang mulai tanggal 20 November 1945 – 15 Desember 1945. Koleksi yang ada di sini antara lain ada bekas peninggalan pesawat perang dan lokomotif kereta tua. Lumayan deh ga bisa masuk Museum Kereta Api tapi tetep bisa foto sama lokomotif kereta antik di sini hehe.




 Palagan Ambarawa

Selepas dari sini kita pun memutuskan untuk ke hotel yang sudah kita pesan sebelumnya di Ungaran, kami naik bus Putra Palagan yang lewat di depan Palagan Ambarawa jurusan Semarang, dengan membayar ongkos Rp 10,000 per orang dan turun di seberang hotel tempat kita menginap yaitu hotel C3 di Ungaran. By the way this hotel is surprisingly very nice! Recommended banget lho buat yang mau menginap di Ungaran, tempatnya strategis dan bersih. Kalo mau makan juga ada restoran hotel yang menunya lumayan oke, atau kalo mo nyoba kuliner setempat tinggal nyebarang ke restoran sate sapi Pak Kempleng yang hits banget itu.

By the way summary biaya Jakarta - Ambarawa sebagai berikut:

Kereta Api Argo Anggrek Jakarta - Semarang : Rp 260,000
Becak dalam kota Semarang  : Rp 5,000
Bus Semarang - Banyumanik  : Rp 5,000
Bus Banyumanik - Ambarawa : Rp 7,500
Bus ke Bukit Cinta : Rp 3,000
Tiket masuk Bukit Cinta : Rp 7,500
Bus Bukit Cinta - Palagan Ambarawa : Rp 3,500
Tiket masuk Palagan Ambarawa : Rp 5,000

[to be continued]




1 komentar:

  • 13 November 2016 pukul 19.16
    Poppy says:

    mantaff, ma kasih info travelingnya, so nice ..

Posting Komentar

 

Omnia causa fiunt Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates